Feeds RSS

Thursday, 2 December 2010

Ibu Kelinci

Alhamdulillah....akhirnya selesai sudah tugasku hilir mudik mengurus tiga jagoanku.Lihat,mereka sudah tersenyum riang sambil memasuki gerbang sekolahnya.Aku pun tertawa bahagia bisa 'berbagi' tugas dengan para guru mereka,setidaknya hingga jam 2 siang nanti ^_^

Sekarang saatnya 'me time'.Memanjakan diri dengan jalan-jalan ke dunia maya,say hello dengan teman-teman fbku atau sekedar browsing mencari ilmu baru.Hmm....seorang ibu memang seharusnya menyisakan sedikit waktu untuk melepaskan diri dari hiruk pikuk mengurus RT dan anak-anak.Agar tak bete terjebak rutinitas yang sama dari hari ke hari.Betul?!

Tiap kali pagi menjelang,selalu saja rumahku heboh bak pasar kaget.Aku menjadi ibu kelinci yang hilir mudik kesana kemari.Pun anak-anak tak mau kalah mewarnai suasana pagi dengan teriakan dan tangisnya.Ada yang dibangunkan sulitnya minta ampun.Ada yang mau bangun dengan syarat digendong sampai ke kamar mandi.Ada yang cari alasan kepalanya pusing agar terbebas dari tugasnya bersekolah hari itu.Ada pula yang nurut langsung lari ke kamar mandi,tapi disana ia bersemedi hingga berjam-jam,belum keluar kamar mandi sebelum pintunya digedor-gedor adik-adiknya yang antri sampai pipis di celana.

Setelah urusan MCK selesai,masalah belum berhenti sampai disitu.Pasukan telanjang berjajar di depan TV sambil ngerecokin adik bayinya yang baru bangun tidur.Gantian sekarang si bungsu melolong-lolong ketakutan dikerubutin para raksasa tak berbaju.Dengan sigap bak tentara kesiangan,aku harus menyisihkan para jagoan pengganggu itu dan menyelamatkan sang bayi sebelum ia mengamuk.Tentu mulutku sambil tak henti mengomel menyuruh mereka segera berpakaian dan makan pagi karena hari telah beranjak siang.

Sementara aku menyiapkan perlengkapan sekolah anak dan perlengkapan kantorku, kubiarkan anak-anak asyik menonton TV.Aku bahkan tak sempat memperhatikan apakah tontonan yang mereka lihat layak dilihat atau tidak.Yang penting,mereka diam dan tak merecoki aktivitas pagiku yang diburu waktu.

Tapi beberapa hari ini aku kembali 'mempertanyakan' aktivitas pagiku yang sepertinya tak sehat.Aku sibuk sendiri,anak-anak sibuk sendiri.Aku mengomel,anak-anak berteriak.Aku marah,mereka malah mengamuk.Wah,kalau dibiarkan berlama-lama,kami bisa sama-sama stress nih....
Mungkin beberapa tips di bawah ini bisa aku lakukan agar si ibu kelinci dan anak-anaknya bisa sehat lahir batin :

* Saat membangunkan anak,beri mereka sedikit waktu untuk beradaptasi.Kita sendiri kadang butuh sedikit waktu saat bangun tidur sebelum beraktivitas.Bila perlu sebelumnya putar musik atau lagu anak-anak yang riang agar mereka termotivasi untuk bangun.

* Daripada membiarkan anak-anak menonton TV sementara kita bersibuk ria,sebaiknya kita sediakan mainan edukatif untuk mengasah kecerdasan mereka dan mengalihkan perhatian mereka dari televisi.Puzzle misalnya,atau crayon dan kertas kosong untuk menggambar,atau buku cerita baru yang biasanya membuat mereka tertarik untuk segera membacanya.

* Libatkan sang ayah untuk berperan serta mengatasi keributan di pagi hari. Sementara kita memasak dan menyiapkan bekal anak-anak,ayah bisa mengajak mereka lari pagi dulu atau berjalan-jalan melihat pemandangan. Biasanya anak-anak akan pulang dalam keadaan segar dan riang,serta ribut berceloteh tentang perjalanannya bersama sang ayah.

* Racik sayuran dan lauk pauk pada malam hari sehingga di pagi hari kita tinggal mengolahnya.Sebagian besar waktu memasak tersita untuk meracik sayuran dan bumbu-bumbu dapur,sehingga bila kita sudah menyiapkannya sejak malam hari,di pagi hari kita tak terburu-buru untuk memasak.

* Buat papan bintang untuk anak-anak yang berprestasi.Beri satu bintang pada anak yang bangunnya paling awal,beri lagi bintang pada anak yang mau berpakaian sendiri,juga bintang-bintang yang lain bila mereka tidak bertengkar,menghabiskan sarapannya,dan lain-lain.Beri hadiah bila mereka sudah mengumpulkan banyak bintang,misalnya buku cerita baru bila mereka berhasil mengumpulkan bintang 50 buah dalam satu minggu.

* Selalu ingat : buat anak merasa senang dan bahagia,terutama saat mereka hendak berangkat tidur dan hendak pergi bersekolah.Usahakan untuk selalu tertawa,sekonyol apapun tindakan mereka (kecuali bila tindakannya sudah mengarah pada hal-hal yang tidak baik,kita harus tegas).

OK,mungkin itu dulu yang bisa saya bagikan pada teman-teman.Ada yang punya tips lain?

0 comments:

Post a Comment