Feeds RSS

Friday, 9 October 2009

Agar Hidup Lebih Kaya......

Tak jarang kita merasa hidup kita begitu monoton,membosankan,dan terjebak rutinitas yang sama dari hari ke hari. Bahkan sering kita tak lagi menghargai bahwa kehidupan itu adalah anugerah dari Sang Maha. Ditambah lagi masalah yang semakin bertambah dari hari ke hari, membuat beberapa dari kita justru mengakhiri hidup yang dianggapnya tak lagi berpihak padanya.Na'udzubillahi min dzalik! Semoga kita dikuatkan Allah untuk senantiasa tegar menghadapi kehidupan ini.

Mungkin beberapa tips di bawah ini akan 'mewarnai' hidup kita agar terasa lebih bermakna.

1. Senantiasa mengucapkan syukur

Bersyukur bukan hanya pada hal-hal baik yang kita alami,tetapi juga pada hal-hal buruk yang tidak kita inginkan. Siapa tahu dengan musibah yang kita alami, Allah berkenan menggugurkan sebagian dosa-dosa kita. Atau Ia ingin meningkatkan kualitas keimanan kita.Bukankah bila hendak naik kelas,kita selalu diberi ujian dulu oleh sang guru?

Ada ucapan dari seorang Hellen Keller,penderita tuna rungu sejak usia 2 tahun,yang patut kita renungkan : "Aku bersyukur atas cacat-cacat ini aku menemukan diriku,pekerjaanku,dan Tuhanku."

2. Mengembangkan pikiran positif

Hidup kita dibentuk oleh apa yang paling sering kita pikirkan. Kalau selalu berpikiran positif, kita cenderung menjadi pribadi yang yang positif. Ciri-ciri dari pikiran yang positif selalu mengarah kepada kebenaran, kebaikan, kasih sayang, harapan dan suka cita. Jadikanlah berpikir positif sebagai kebiasaan dan lihatlah betapa banyak hal-hal positif yang akan kita alami.

3. Berempati

Rasa empati mampu membuat kita ikut merasakan penderitaan orang lain. Tak harus menunggu kita kaya untuk bisa berbagi. Kita bisa belajar berempati dari hal-hal kecil di sekitar kita. Menjadi pendengar yang baik saat teman kita punya masalah,menawarkan bantuan saat orang lain butuh pertolongan,atau senantiasa menunjukkan wajah yang ramah dan bersahabat agar orang-orang tak segan berbincang dengan kita.

Tak berlebihan bila dikatakan bahwa empati adalah fondasi dari semua interaksi hubungan antarmanusia.
Karena memiliki kemampuan merasakan kondisi emosional orang lain, maka kita baru bisa merajut hubungan yang akrab dengan orang lain. Sebagaimana diungkapkan Bonnie Jean Wasmund : "Orang mungkin lupa dengan apa yang Anda katakan, lupa apa yang Anda lakukan, tapi akan selalu terkenang dengan bagaimana Anda memperlakukan mereka."

4. Mendahulukan hal-hal penting

Kita diciptakan di atas dunia bukan tanpa tujuan. Menjadi pribadi yang senantiasa bersujud dan mengabdi pada Sang Pencipta adalah tujuan utama kita. Banyak hal bisa kita lakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Tak sekedar ritual ibadah semata,tetapi juga setiap jejak perbuatan kita harus selalu bermuara pada keridhaan-Nya.

Maka, sungguh tak bijak bila kita masih saja menghabiskan sebagian besar waktu kita untuk hal-hal remeh dan tak penting. Tetapkan skala prioritas mulai sekarang. Jangan terjebak pada masalah sepele sementara yang penting terabaikan. Dengan demikian hidup kita menjadi lebih efektif dan produktif,plus citra diri kita pun akan meningkat.

5. Bertindak

Bila kita sudah mempunyai pengetahuan , sudah mempunyai tujuan yang hendak dicapai dan sudah mempunyai kesadaran mengenai apa yang harus dilakukan , maka langkah selanjutnya adalah bertindak. Biasakan untuk menghargai waktu, lawanlah rasa malas dengan bersikap aktif. Banyak orang yang gagal dalam hidup karena hanya mempunyai impian dan hanya mempunyai tujuan tapi tak mau melangkah.

6. Senantiasa menaburkan benih kebaikan

Bila rajin menabur perkataan maupun perbuatan baik, suatu saat kita pasti akan menuai hasilnya. Bila seseorang berbuat baik pada orang lain, sesungguhnya ia sedang 'menabung' kebaikan untuk dirinya sendiri. Ketika kita ringan beramal, sesungguhnya harta kita tak akan berkurang, ia justru bertambah berlipat ganda dan disimpan untuk bekal kita di akhirat kelak.

Bagaimana, apakah sekarang Anda sudah merasa kaya?



2 comments:

Lisand said...

Pertamax...
Salam kenal... kalo gitu, kaya merupakan pilihan ya ?

ithoxs & uut said...

@lisand : yup...betul,menjadi kaya hati adalah pilihan terbaik!

Post a Comment